Sabtu, 17 Desember 2011

Menemukan gagasan utama, Kesimpulan, dan Sudut Pandang

Menemukan gagasan utama, Kesimpulan, dan Sudut Pandang
Gagasan utama
Gagasan utama atau pokok pikiran adalah masalah yang menjadi titik tolak pembicaraan (lisan) atau topik pembahasan (tulis) dalam satu paragraph.  Paragraph atau alenia adalah hasil penjabaran satu gagasan pokok.  Gagasan utama dapat ditemukan pada kalimat utama pada paragraph.  Setiap paragraph dalam sebuah teks mengandung pikiran utama.  Pikiran utama dalam paragraph dapat terletah di awal, tengah, akhir paragraph, awal dan akhir,  atau inti sari paragraph.  Setiap pikiran utama di dalam sebuah paragraph akan di kembangkan dalam kalimat penjelas. 
Gagasan utama di sebuah paragraph, dapat kita ketahui dengan menentukan kata-kata kunci dalam paragraph itu terlebih dahulu.  Gagasan utama sebah paragraph yang di nyatakan secara tertulis dalam kalimat tama dapat terletak di awal paragraph atau deduktif, di akhir paragraph atau induktif , atau di awal atau di akhir paragraph (campuran).  Akan tetapi, gagasan utama yang dinyatakan tersirat (implicit), biasanya terdapat di seluruh kalimat dalam  paragraph. 
Didalam teks kita, kita dapat menemukan fakta dan opini.  Fakta adalah hal yang nyata dan terjadi pada kehidupan sehari-hari. Contoh:burung kasuari selalu berjalan kaki dan tidak dapat terbang.  Opini pendapat seseorang dalam teks tentang suatu hal.  Contoh:sudah utuk menjadi kewajiban siswa  untuk belajar.  

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Bisa dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Dalam soal bahasa Indonesia kesimpulan bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang diberi pendapat. Jadi, kesimpulan itu benar-benar murni diambil dari sesuatu yang diringkas itu sendiri dengan hanya mengambil pokok-pokok pentingnya saja dan mengabaikan bentuk maupun isinya. Lalu rangkuman memiliki pendapat dari penulis terhadap sesuatu yang ia rangkum. Jadi, rangkuman memang benar-benar disusun secara runtut dan jelas.

Sudut pandang

Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita atau dari sudut mana pengarang memandang ceritanya. Berikut ini beberapa sudut pandang yang dapat digunakan pengarang dalam bercerita.
 a. Sudut pandang orang pertama, sudut pandang ini biasanya menggunakan kata ganti aku atau saya. Dalam hal ini pengarang seakan-akan terlibat dalam cerita dan bertindak sebagai tokoh cerita.
 b. Sudut pandang orang ketiga, sudut pandang ini biasanya menggunakan kata ganti orang ketiga seperti dia, ia atau nama orang yang dijadikan sebagai titik berat cerita.
 c. Sudut pandang pengamat serba tahu, Dalam hal ini pengarang bertindak seolah-olah mengetahui segala peristiwa yang dialami tokoh dan tingkah laku tokoh.
 d. Sudut pandang campuran, (sudut pandang orang pertama dan pengamat serba tahu). Pengarang mula-mula menggunakan sudut pandang orang pertama. Selanjutnya serba tahu dan bagian akhir kembali ke orang pertama.