Sabtu, 17 Desember 2011

karakter beberapa tokoh wayang kulit

Beberapa Tokoh Wayang Kulit Lakon Ramayana

1.    Ramawijaya
Seorang ksatria yang sakti mandraguna, mahir memanah, dan berhati welas asih. Kalau sudah memiliki kemauan, tidak mudah menyerah Rama adalah simbolisasi dari kebijaksanaan.

2.    Lakshmana
Adik Ramawijaya yang sangat setia kepada kakaknya. Dewi Sita pernah menuduhnya menyukai dirinya. Karena itu, Lakshmana bersumpah tidak akan menikah seumur hidupnya. Laksamana adalah perlambang kesetiakawanan.

3.    Dewi Sinta
Istri Ramawijaya, disekap di istana Alengka oleh Rahwana. Saat berhasil dibebaskan oleh Rama, kesuciannya diragukan sehingga ia melakukan upacara membakar diri. Sinta adalah simbol dari kesetiaan dan kesucian

4.    Rahwana
Raja Rahwana yang memiliki kesaktian tinggi dan tidak bisa mati selama masih menginjak bumi. Selain itu, Rahwana memiliki sepuluh wajah sehingga disebut juga Dasamuka. Rahwana adalah perlambang sifat angkara-murka.

5.    Hanuman
Raja kera yang berperan besar dalam kemenangan Ramawijaya. Memiliki kesaktian yang setara dengan dewa. Hanuman adalah simbol dari keberanian.

6.    Jatayu
Raja burung, sahabat Rama. Dia yang menyaksikan penculikan Sita oleh Rahwana dan berusaha mengejarnya. Jatayu tewas di tangan Rahwana.

7.    Kumbakarna
Adik kandung Rahwana, seorang raksasa yang berjiwa ksatria dan memihak kebenaran. Ia berperang melawan Ramawijaya bukan karena membela Rahwana tapi karena membela negara.

8.    Wibisana
Adik bungsu Rahwana, seorang ksatria yang memihak kebenaran dan memutuskan keluar dari kerajaan, bergabung dengan Ramawijaya memerangi Rahwana.



9.    Anggada
Kera merah anak Subali, memiliki kesaktian tinggi dan membantu Rama menyerang Alengka. Pernah termakan muslihat Rahwana dan berbalik menyerang Rama, sebelum diinsyafkan kembali oleh Hanuman.
 
10.  Indrajit
Anak sulung Rahwana yang memiliki senjata sakti bernama Nagapasa. Senjata itu sempat melukai Rama dan menyebabkannya lumpuh. Indrajit berperang sebagai panglima Alengka sebelum tewas di tangan Lakshmana.