Minggu, 22 Januari 2012

istilah-istilah dalam internet " M, N "


*       Mailing list
Mailing list adalah cara melakukan diskusi atau berbagi informasi pada kelompok tertentu dengan bantuan email yang dikirimkan ke mailing list secara otomatis dikirimkan kepada semua anggota mailing list tersebut. Lalu lintas email ini diotomatisasikan dan diatur oleh program yang disebut mailing list manager (MLM).
*       MTA - Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).
*       MIME - Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.
  • Malicious Software. Program yang biasanya digunakan untuk mencari kelemahan suatu software dan biasanya merusak software dalam komputer anda.
  • Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya.
  • Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.
  • Network - Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.
  • Node - Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.
  • Newsletter Lembar warta, semacam bulletin. Di Internet berarti lembar warta yang disebarkan mail, dengan tata letak menyerupai halaman web, sehingga link-nya bisa di klik.
  • NNTP - Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.